Resume Evaluasi Pembelajaran
RESUME
URGENSI EVALUASI PEMBELAJARAN
Evaluasi
adalah proses menetukan nilai suatu objek tertentu berdasarkan suatu kriteria
tertentu, dimana objeknya adalah hassil belajar siswa dan kriterianya adalah ukuran
(sedang, rendah, dan tinggi)
Tujuan
dari evaluasi adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai
pencapaian tujuan intruksional oleh siswa, sehingga dapat diupayakan tindak
lanjutnya. Selain itu evaluasi juga bertujuan untuk menilai ketercapaian
tujuan, mengukur macam-macam aspek pelajaran bervariasi, memotivasi belajar
siswa, menjadikan hasil evaluasi sebagai dasar perubahan kurikulum, menentukan
hasil tindak lanjut penilaian
Evaluasi
memiliki beberapa prinsip diantaranya prinsip keseluruhan, artinya didalam
pelaksanaannya evaluasi tidak dapat dilaksanakan secara terpisah tetapi
mencakup berbagai aspek yang dapat menggambarkan perkembangan atau perubahan
tingkah laku yang terjadi pada diri peserta didik. Prinsip ini di harapkan
dapat memperoleh bahan-bahan keterangan atau informasi yang lengkap mengenai
keadaan dan perkembangan peserta didik yang sedang dijadikan evaluasi.
selanjutnya prinsip kesinambungan artinya penilaian dilakukn secara terus
menerus atau sambung menyambung sehingga si penilai memperoleh informasi yang
dapat memberikan gambaran mengenai kemajuan atau perkembangan peserta didik
sejak awal sampai akhir pendidikan yang mereka tempuh. Dan yang terakhir adalah
Prinsip objektif, evaluasi dilakukan
dengan sebaik-baiknya berdasarkan data dan fakta tanpa ada pengaruh oleh unsure
subjektif dari guru atau orang yang melakukan evaluasi.
Evaluasi sangat diperlukan dalam pendidikan sebagai tolak
ukur keberhasilan pendidikan. Hasil dari evaluasi tersebut untuk dijadikan
bahan pembenahan dan perbaikan pendidikan, baik dari segi kualitas belajar
mengajar, sarana pendukung dan lain sebagainya. Sehingga evaluasi sangat
penting dalam pendidikan. Evaluasi juga memiliki fungsi dalam proses belajar
mengajar yaitu salah satunya tes formatif, dimana tes formatif dilaksanakan di
tengah program pembelajaran digunakan sebagai umpan balik atau feed back baik
siswa atau guru. Berdasarkan hasil tes, guru bisa menilai kemampuan siswanya
dan dijadikan bahan perbaikan melalui kegiatan pembelajaran selanjutnya,
sedangkan siswa bisa mengetahui materi pelajaran yang belum dikuasai untuk
bahan perbaikan.
Dengan demikian evaluasi merupakan proses yang sangat
penting dalam pendidikan. Evaluasi merupakan salah satu komponen pendukung
dalam sistem proses pembelajaran. Karena dengan evaluasi dapat menentukan
efektifitas kinerja pendidik yang telah dilakukan. Selain itu hasil evaluasi
juga menajadi tolak ukur. Bagi guru hasil evaluasi memberikan petunjuk atau
titik terang bagi guru mengenai kondisi siswanya, mengenai materi pelajaran
yang disampaikannya dan gaya atau metode mengajarnya. Bagi sekolah keberhasilan
kegiatan belajar mengajar ditentukan pula oleh kondisi belajar yang diciptakan
oleh sekolah. Efektifitas kegiatan belajar megajar yang diprasyaratkan yaitu
kondisi belajar yang diciptakan sekolah itu di dapat dari evaluasi, dimana
hasil evaluasi yang diperoleh itu bisa dipakai sekolah untuk mengintrospeksi
diri dan untuk melihat sejauh mana kondisi belajar sehingga dapat tercipta
pembelajaran yang baik dan tujuan yang diinginkan. Selain itu juga evaluasi
penting bagi orang tua siswa, orang tua siswa pasti mau melihat atau menegtahui
sejauh mana tingkat kemajuan yang dicapai oleh anaknya di sekolah dan setelah
melihat hasil evaluasi itu tidak menutup kemungkinan orang tua siswa akan
meningkatkan kemampuan atau hasil evaluasi tersebut entah dengan menambah
fasilitas anaknya atau menambah perhatiannya ke anaknya atau dengan hal lain
yang menunjang peningkatan mutu atau prestasi anak atau siswa tersebut.
Komentar
Posting Komentar