Resume Evaluasi Pembelajaran



RESUME URGENSI EVALUASI PEMBELAJARAN
Evaluasi adalah proses menetukan nilai suatu objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu, dimana objeknya adalah hassil belajar siswa dan kriterianya adalah ukuran (sedang, rendah, dan tinggi)
Tujuan dari evaluasi adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai pencapaian tujuan intruksional oleh siswa, sehingga dapat diupayakan tindak lanjutnya. Selain itu evaluasi juga bertujuan untuk menilai ketercapaian tujuan, mengukur macam-macam aspek pelajaran bervariasi, memotivasi belajar siswa, menjadikan hasil evaluasi sebagai dasar perubahan kurikulum, menentukan hasil tindak lanjut penilaian
Evaluasi memiliki beberapa prinsip diantaranya prinsip keseluruhan, artinya didalam pelaksanaannya evaluasi tidak dapat dilaksanakan secara terpisah tetapi mencakup berbagai aspek yang dapat menggambarkan perkembangan atau perubahan tingkah laku yang terjadi pada diri peserta didik. Prinsip ini di harapkan dapat memperoleh bahan-bahan keterangan atau informasi yang lengkap mengenai keadaan dan perkembangan peserta didik yang sedang dijadikan evaluasi. selanjutnya prinsip kesinambungan artinya penilaian dilakukn secara terus menerus atau sambung menyambung sehingga si penilai memperoleh informasi yang dapat memberikan gambaran mengenai kemajuan atau perkembangan peserta didik sejak awal sampai akhir pendidikan yang mereka tempuh. Dan yang terakhir adalah Prinsip objektif, evaluasi dilakukan dengan sebaik-baiknya berdasarkan data dan fakta tanpa ada pengaruh oleh unsure subjektif dari guru atau orang yang melakukan evaluasi.
Evaluasi sangat diperlukan dalam pendidikan sebagai tolak ukur keberhasilan pendidikan. Hasil dari evaluasi tersebut untuk dijadikan bahan pembenahan dan perbaikan pendidikan, baik dari segi kualitas belajar mengajar, sarana pendukung dan lain sebagainya. Sehingga evaluasi sangat penting dalam pendidikan. Evaluasi juga memiliki fungsi dalam proses belajar mengajar yaitu salah satunya tes formatif, dimana tes formatif dilaksanakan di tengah program pembelajaran digunakan sebagai umpan balik atau feed back baik siswa atau guru. Berdasarkan hasil tes, guru bisa menilai kemampuan siswanya dan dijadikan bahan perbaikan melalui kegiatan pembelajaran selanjutnya, sedangkan siswa bisa mengetahui materi pelajaran yang belum dikuasai untuk bahan perbaikan.
Dengan demikian evaluasi merupakan proses yang sangat penting dalam pendidikan. Evaluasi merupakan salah satu komponen pendukung dalam sistem proses pembelajaran. Karena dengan evaluasi dapat menentukan efektifitas kinerja pendidik yang telah dilakukan. Selain itu hasil evaluasi juga menajadi tolak ukur. Bagi guru hasil evaluasi memberikan petunjuk atau titik terang bagi guru mengenai kondisi siswanya, mengenai materi pelajaran yang disampaikannya dan gaya atau metode mengajarnya. Bagi sekolah keberhasilan kegiatan belajar mengajar ditentukan pula oleh kondisi belajar yang diciptakan oleh sekolah. Efektifitas kegiatan belajar megajar yang diprasyaratkan yaitu kondisi belajar yang diciptakan sekolah itu di dapat dari evaluasi, dimana hasil evaluasi yang diperoleh itu bisa dipakai sekolah untuk mengintrospeksi diri dan untuk melihat sejauh mana kondisi belajar sehingga dapat tercipta pembelajaran yang baik dan tujuan yang diinginkan. Selain itu juga evaluasi penting bagi orang tua siswa, orang tua siswa pasti mau melihat atau menegtahui sejauh mana tingkat kemajuan yang dicapai oleh anaknya di sekolah dan setelah melihat hasil evaluasi itu tidak menutup kemungkinan orang tua siswa akan meningkatkan kemampuan atau hasil evaluasi tersebut entah dengan menambah fasilitas anaknya atau menambah perhatiannya ke anaknya atau dengan hal lain yang menunjang peningkatan mutu atau prestasi anak atau siswa tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memasukkan Audio, Video dan Gambar pada Power Point

Peran Komputer Bagi Guru

Peranan Tekniologi Informasi bagi Guru Matematika