JAWABAN UTS PTI
UJIAN : TEKNOLOGI INFORMASI
NAMA :
SUSI AYUDIA PERTIWIE
NIM : 16862001
NIM : 16862001
KELAS/SEMESTER :
B / 2
UJIAN
TENGAH SEMESTER
1.
Jelaskan
secara terperinci tentang Teknologi Informasi dipandang dari sudut: Pengertian,
Perkembangan, Pengelompokkan, Komponen, Klasifikasi, serta Peran dan Manfaat
Jawab:
a.
Pengertian
Pengertian Teknologi Informasi
Untuk mengetahui pengertian teknologi informasi
terlebih dahulu kita harus mengerti pengertian dari teknologi dan informasi itu
sendiri. Berikut ini pengertian teknologi dan informasi :
Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari
alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya
Informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi dan
pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan
(knowledge) bagi penggunanya
Pengertian teknologi informasi menurut beberapa ahli
teknologi informasi :
1. Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan
elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan
mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar
(kamus Oxford, 1995)
2. Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang
membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan
dengan pemrosesan informasi (Haag & Keen, 1996)
3. Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada
teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses
atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan
informasi (Martin, 1999)
4. Teknologi Informasi adalah segala bentuk
teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam
bentuk elektronis (Lucas, 2000)
5. Teknologi Informasi adalah teknologi yang
menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi
yang membawa data, suara, dan video (William & Sawyer, 2003)
Secara implisit dan eksplisit IT tidak sekedar
berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi.Dengan
kata lain, yang disebut Teknologi Informasi adalah gabungan antara Teknologi
Komputer dan Teknologi Telekomunikasi.
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang
digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun,
menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi
yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang
digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan
informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Teknologi yang memanfaatkan komputer sebagai
perangkat utama untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat.
b.
Perkembangan
Secara garis besar ada empat era perkembangan
teknologi informasi, yang dimulai dari pertama kali ditemukannya computer
hingga saat ini. Keempat era tersebut terjadi tidak hanya karena dipicu oleh
perkembangan teknologi computer yang sedemikian pesat, namun didukung pula oleh
teori-teori baru mengenal manajemen modern (Cash, et.al., 1992). Keempat era perkembangan
teknologi informasi tersebut adalah:
1. Era komputerisasi
2. Era teknologi informasi
3. Era manajemen perubahan
4. Era globalisasi informasi
c.
Pengelompokan
1.
Teknologi Masukan
Teknologi
masukan (input technologi) adalah
teknologi yang berhubungan dengan peralatan untuk memasukkan data kedalam
system komputer.Contoh: keyboard, mouse.
2. Mesin Pemroses
Mesin
pemroses lebih dikenal dengan CPU, mikroprosesor atau prosesor. CPU merupakan
bagian system komputer yang menjadi pusat pengolah data dengan cara menjalankan
program yang mengaturpengolahan tersebut.
3. Teknologi Penyimpanan
Teknologi
penyimpanan dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu:
a) Memory Internal (biasa disebut main memory atau memori utama)
Berfungsi
sebagai pengingat sementara baik bagi data, program, maupun informasi ketika
proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU .Contoh: RAM dan ROM.
b) Memory Eksternal (penyimpanan sekunder)
Adalah
segala piranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen. Contoh:
Hardisk, disket, flashdisk.
4. Teknologi keluaran
Teknologi
keluaran adalah teknologi yang berhubungan dengan segala piranti yang berfungsi
untuk menyajikan informasi hasil pengolahan system. Contoh: layar dan monitor.
5. Teknologi Perangkat Lunak
Teknologi
perangkat lunak disebut juga dengan program yaitu deretan instruksi yang
digunakan untuk mengendalikan computer sehingga computer dapat melakukan
tindakan sesuai yang dikehendaki. Contoh: microsoft word, Adobe Photoshop, dll
d.
Komponen
Sistem
Teknologi Informasi adalah sistem yang terbentuk sehubungan dengan penggunaan
teknologi informasi.Komponen utamasistem teknologi informasi yaitu:
1.
Perangkat keras( hardware)
2.
Perangkat Lunak (Software)
3. Orang
(brainware)
e.
Klasifikasi
1.
Menurut Fungsi Sistem
a)
Sistem
teknologi informasi yang melekat (embedded IT system) adalah system teknologi informasi
yang melekat pada produk lain.
b)
Sistem
teknologi informasi yang khusus (dedicated IT system) adalah teknologi
informasi yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. Contoh: ATM.
c)
Sistem
teknologi informasi serbaguna (general purpose IT system) adalah system
teknologi informasi yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai aktifitas
yang bersifat umum. Contoh: PC
2.
Menurut Ukuran
a) Super computer
Super
computer adalah jenis komputer yang memiliki kecepatan proses paling cepat.
Bisa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang
kompleks, misalkan untuk peramalan cuaca dan perancangan roket. Diantara jenis
komputer super yang terkenal adalah Cray (buatan Cray Research, Inc.) dan IBM
ASCI White (buatan IBM / International Business Machine).
b) Mainframe
Mainframe/ bisa juga disebut komputer besar, merupakan
jenis komputer yang digunakan pada perusahaan skala besar untuk menangani
pemrosesan data dengan volume sangat besar. Perusahaan komputer yang menjadi
pemain utama pada kelas komputer ini adalah IBM, Fujitsu, dan Unisys.
c) Workstation
Komputer Workstation (Terminal kerja) merupakan mesin
yang powerfull. Artinya di komputer ini segala pekerjaan diselesaikan.
Komputer-komputer ini mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi perhitungan
yang rumit. Komputer-komputer ini menggunakan UNIX atau beberapa operating
system/sistem operasi NT. Komputer-komputerinidilengkapidenganprosesor
RISC yang powerful seperti Digital Alpha atau MIPS.
d) Mikrokomputer
Komputer
mikro adalah komputer personal (personal computer/PC) yang umumnya
single user atau stand alone, namun saat ini telah banyak PC yang dilengkapi
dengan peripheral card untuk koneksi jaringan atau internet. PC biasanya
berupa desktop, yaitu komputer yang biasanya digunakan di meja tempat bekerja
atau belajar. Dengan perkembangan teknologi hardware PC saat ini menjadi
semakin kecil dan portabel seperti notebook yang memiliki kemampuan sama dengan
PC desktop. Oleh sebagian orang, notebook disebut sebagai laptop yang memiliki
arti yang sama. Bahkan saat ini juga terdapat PC tablet, personal Data
Asistant (PDA) atau PC saku (pocket PC) yang kemampuannya
hampir sama dengan notebook.
e) Microcontroller
Mikrokontroler
atau sering disebut sebagai embedded computer merupakan
mikroprosesor khusus yang berukuran kecil yang biasa dipasang pada peralatan
elektronis cerdas, seperti mobil dan lift. Mikroprosesor
ini membuat peralatan dapat diprogram. Perusahaan yang terkenal nenproduksi
adalah Motorola dan Texas Instrument.
f.
Peran
dan manfaat
Pengembangan Tekonologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) pada hakekatnya ditujukan untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat. Kenyataan menunjukan TIK telah membawa perubahan
penting dalam perkembangan peradaban dunia terutama ekonomi. Bahkan abad ke-21 diyakini
akan menjadi abad baru yang disebut era informasi-ekonomi (digital-economic)
dengan ciri khas perdagangan yang memanfaatkan peralatan elektronik (electronic
commerce). Keadaan ini mengakibatkan adanya pergeseran paradigma strategis
pembangunan masyarakat dunia dari era industri menuju informasi.
Dari berbagai peranan TIK salah satunya yaitu
peranan Teknlogi Informasi dan Komunikasi di bidang pendidikan (e-education)
tidak dapat dihindarkan lagi. Misalnya tidak mungkin lagi mengecek jumlah siswa
yang hadir mengikuti pelajaran dari tahun ke tahun hanya dengan catatan di buku
tahunan saja, demikian juga hasil nilai siswa yang diperoleh selama mengkuti
pendidikan hanya mengandalkan buku nilai guru, leger sekolah atau buku induk
sekolah, begitu pula pekerjaan sederhana apapun pekerjaan akan menjadi lebih
efisien jika menggunakan computer. Pendidikan yang menggunakan sarana TIK
terutama internet biasa disebut e-education
Kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia pada
masa yang mendatang hubungannya dengan perkembangan TIK sebagai berikut :
1. Berkembangnya pendidikan terbuka dengan cara
belajar jarak jauh (distance learning). Untuk menyelenggarakan pendidikan
terbuka dan jarak jauh perlu dimasuka sebagai setrategi utama pendidikan jarak
jauh dengan memanfaatkan teknologi internet secara maksimal dapat memberikan
efektifitas dalam hal waktu, tempat bahkan meningkatkan kualitas pendidikan.
2. Terjadinya sharing resource (berbagi sumber daya)
antara lembaga pendidikan dan pelatihan .
3. Perpustakaan dan instrument pendidikan lainnya
misalnya guru dan laboratorium berfungsi sebagai fasilitator bukannya sumber
informasi.
4. Penggunaan perangkat informasi interaktif seperti
CD-ROM multimedia yang secara bertahap akan menggantikan fungsi papan tulis.
Manfaat internet bagi bidang pendidikan di Indonesia
antara lain akan mendapatkan akses keperpustakaan, direktori sekolah, para
pakar dapat melalukan perkuliahan secara online, penyediaan sarana informasi
akademik lembaga pendidikan secara online dapat melaksankan kerjasama dengan
lembaga lain melalui internet serta melakukan marketing dan promosi hasil karya
penelitian secara lebih efisien.Disamping itu kita dapat merancang program
artificial intelegence untuk membuat sebuah model rencana pengajaran.
Perkembangan TIK di bidang pendidikan memungkinkan
adanya sistem belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk
menghubungan antara mahasiswa dengan dosennya. Melihat nilai mahasiswa secara
online, mengecek keuangan, mengecek jadwal kuliah mengirimkan berkas tugas yang
diberikan dosen. Sistem pendidikan TIK terbukti telah berhasil menurunkan angka
putus sekolah dan meningkatkan nilai rata-rata ujian.
Ternyata banyak sekali manfaat Teknologi Informasi
dan Komunikasi dalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya dalam bidang
pendidikan. Dengan pendidikan dimungkinkan terjadinya penyebarluasan Teknologi
Informasi dan transformasi ilmu pengetahuan untuk sektor-sektor pendidikan.
Para siswa yang duduk di bangku sekolah dan mahasiswa juga terbantu dengan
adanya internet dalam mengerjakan tugas sekolah atau tugas kuliah. Para
mahasiswa dapat mencari bahan skripsi di internet atau para siswa mencari bahan
tugas makalahnya di internet. Dengan adanya pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi di sekolah, para siswa dapat belajar dan memanfaatkan TIK dalam
kehidupan mereka sehari-hari dengan baik.
Harus kita sadari, TIK khususnya internet hanyalah
merupakan alat bantu saja dan bukan menjadi solusi dalam dunia pendidikan,
formal maupun nonformal. Bagaimanapun pendidikan yang bermutu didapat dari para
pendidik yang bermutu ditambah dukungan pemerintah dengan kurikulum yang sesuai
dengan kebutuhan siswa didik yang diimplementasikan dengan benar dan kreatif.
2.
Jelaskan
secara terperinci pengertian komputer, Perangkat keras, dan Perangkat Lunak
Jawab:
Pengertian
Komputer
Komputer berasal dari bahasa Inggris, to compute yang artinya menghitung
(Yanuar Nugroho, 1998:1). Sesuai perkembangan teknologi baik hardware, software
maupun brainware, maka komputer saat ini tidak hanya digunakan sebagai alat
untuk menghitung saja, melainkan sudah digunakan untuk melakukan dan
mempercepat berbagai pekerjaan dan aktifitas manusia, seperti penelitian,
kedokteran, pendidikan, perbankan, bisnis dan lain-lain. Tidak hanya itu,
komputer juga sering digunakan untuk mengendalikan mesin dan alat produksi,
menggambar, berkomunikasi, bahkan ada juga komputer yang digunakan untuk
menonton film.
Komputer bisa di artikan sebagai seperangkat alat
yang di jadikan satu untuk mengolah data berdasarkan prosedur yang telah di
rumuskan sebelumnya. Definisi komputer pada mulanya hanya di pergunakan untuk
menggambarkan profesi pekerjaan orang yang melakukan perhitungan aritmatika,
baik dengan ataupun tanpa menggunakan alat bantuan, namun demikian arti dari
kata komputer di kembalikan pada mesih itu sendiri serta seiring berjalannya
waktu kini komputer
berfungsi untuk mengerjakan berbagai tugas.
Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian
pekerjaan secara otomatis, berdasarkan urutan instruksi ataupun program yang
diberikan oleh komputer. Definisi
yang ada memberi makna bahwa komputer memiliki lebih dari satu bagian yang
saling bekerja sama, dan bagian-bagain itu baru bisa bekerja kalau ada aliran
listrik yang mengalir didalamnya.
Dengan semakin canggih dan murahnya sistem
komunikasi seperti telepon, handphone dan jalur komunikasi lainnya, maka saat
ini komputer juga sudah mulai digunakan sebagai sarana komunikasi yang cukup
handal, seperti Internet, E-mail, Internet –Phone, dan lain-lain. Dengan
berbagai media komunikasi tersebut maka komputer sudah bisa digunakan untuk
bertukar informasi.
Ada beberapa definisi tentang komputer menurut para
ahli :
1.
Menurut Robert H. Blssmer (Computer
Annual) dalam buku (Petrus Teguh Esha, 2002: 1), komputer merupakan alat elektronik yang mampu
melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input tadi sesuai
programnya, memyimpan perintah-perintah dan hasil pemprosesan serta menyediakan
output dalam bentuk informasi.
2.
Donald H. Sanders (Petrus Teguh Esha,
2002: 1) komputer merupakan sistem elektronik untuk memenipulasi data yang
cepat dan tepat dirncang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima
dan menyimpan input, memprosesnya, serta menghasilkan output di bawah
pengawasan suatu langkah-langkah intruksi program yang tersimpan di memori
(stored program).
3.
Menurut buku Computer Organization (V.C.
Hamacher, Z.G. Vranesic, S.G. Zaky) di kutip (Jogiyanto, H.M 1988: 2) komputer adalah mesin penghitung
elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya
sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (strored program) dan
menghasilkan output informasi.
4.
Menurut buku Introduction to the
computer, The tool Of Business (William M. Fuori), di kutip (Jogiyanto,
H.M 1988: 2) komputer adalah suatu
pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan
cepat, termasuk perhitungan arithmatika yang besar atau operasi logika, tanpa
campur tangan dari manusia yang mengoperasikan selama pemrosesan (definisi ini
diambilkan dari American National Standard Institute dan sudah didiskusikan
serta sudah disetujui dalam suatu pertemuan International Oganization For
Standardization Tehnical Committe).
5.
Menurut buku Introduction To Computers
(Gordon B. Davis) komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai
sifat tertentu yang pasti.
Pengertian Perangkat Keras
Pengertian
dari hardware atau dalam bahasa indonesianya disebut juga dengan nama
“perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat
alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata,
yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi. Hardware digunakan sebagai
media untuk menjalankan Sofware (Perangkat lunak) dan peralatan ini berfungsi
untuk menjalankan intruksi-intruksi yang diberikan dan mengeluarkannya dalam
bentuk informasi yang digunakan oleh manusia untuk laporan. Hardware komputer sering di sebut juga dengan
perangkat keras. Hardware dapat diartikan sebagai komponen-komponen pada
komputer yang bisa langsung bersentuhan dengan kita dan berguna untuk melakukan
input data (Punto Wicaksono, S. Kom. 2012: 14).
Hardware terdiri dari tiga bagian, yaitu input
device, process device dan output device. Ketiga bagian tersebut tidak dapat dipisahkan satu
dengan yang lainn
Pengertian
Perangkat Lunak
Pengertian dari Perangkat Lunak
Komputer yang merupakan sebuah program komputer yang menjembatani pengguna
komputer dan perangkat keras yang digunakannya. Dengan kata lain, perangkat
lunak merupakan penerjemah antara manusia sebagai orang yang memberi instruksi
dan komputer sebagai pihak yang menerima instruksi. Perangkat lunak adalah istilah umum
untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program
komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis
oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud.
Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer
3.
Jelaskan
secara terperinci tentang pemograman dipandang dari sudut Pengertian, dan
Definisi, Bahasa Pemograman, serta Langkah-langkahnya
Jawab:
a.
Pengertian
dan definisi
Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan
memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program
komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari
pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu
perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram. Untuk dapat
melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa
pemrograman, dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti
matematika.
Pemrograman adalah sebuah seni dalam menggunakan
satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan sebuah
bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi sebuah program komputer. Bahasa
pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya
pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.
b.
Bahasa
pemrograman
Bahasa
pemrograman (bahasa pemrograman) adalah instruksi standar untuk memerintah
komputer yang memiliki fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini adalah satu set
aturan sintaks dan semantik yang digunakan untuk mendefinisikan program
komputer.
Bahasa ini
memungkinkan seorang programmer dapat menentukan mana yang data yang akan
diproses oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan / diteruskan, dan
langkah-langkah apa yang persis jenis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
c.
Langkah-langkahnya
1. Mendefinisikan masalah
Ini merupakan langkah pertama yang
sering dilupakan orang. Menurut hukum Murphy
(oleh Henry Ledgard):
“Semakin cepat menulis program, akan
semakin lama kita dapat menyelesaikannya”.
Hal tersebut berlaku untuk
permasalahan yang kompleks. Tentukan masalahnya, apa saja yang harus dipecahkan
dengan menggunakan komputer, dan apa inputan serta outputnya.
2. Menemukan solusi
Setelah masalah didefinisikan, maka
langkah berikutnya adalah menentukan solusi.
Jika masalah terlalu kompleks, maka
ada baiknya masalah tersebut dipecah menjadi
modul-modul kecil agar lebih mudah
diselesaikan.
Contohnya masalah invers matriks,
maka kita dapat membagi menjadi beberapa
modul:
a) meminta masukkan berupa matriks
bujur sangkar
b) mencari invers matriks
c) menampilkan hasil kepada pengguna
Dengan penggunaan modul tersebut
program utama akan menjadi lebih singkat dan mudah dilihat.
3. Memilih algoritma
Pilihlah algoritma yang benar-benar
sesuai dan efisien untuk permasalahan tersebut
4. Menulis program
Pilihlah bahasa yang mudah
dipelajari, mudah digunakan, dan lebih baik lagi jika
sudah dikuasai, memiliki tingkat
kompatibilitas tinggi dengan perangkat keras dan
platform lainnya.
5. Menguji program
Setelah program jadi, silahkan uji
program tersebut dengan segala macam kemungkinan yang ada, termasuk
error-handlingnya sehingga program tersebut akan benar-benar handal dan layak
digunakan.
6. Menulis dokumentasi
Menulis dokumentasi sangat penting
agar pada suatu saat jika kita akan melakukan
perubahan atau membaca source code
yang sudah kita tulis dapat kita ingat-ingat lagi dan kita akan mudah
membacanya. Caranya adalah dengan menuliskan komentarkomentar kecil tentang apa
maksud kode tersebut, untuk apa, variabel apa saja yang digunakan, untuk apa,
dan parameter-parameter yang ada pada suatu prosedur dan fungsi.
7. Merawat program
Program yang sudah jadi perlu
dirawat untuk mencegah munculnya bug yang sebelumnya tidak terdeteksi. Atau
mungkin juga pengguna membutuhkan fasilitas
baru yang
dulu tidak ada.
4.
Multimedia
dan internet berperan positif dan negatif dalam pembelajaran, jelaskan secara
rinci dari sudut teoritis dan praktis, serta Profesi saudara
Jawab:
a. Teoritis dan praktis
Multimedia
terdiri dari dua buah kata yaitu multi yang berarti banyak atau bermacam-macam
sedangkan media berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa
sesuatu. Arti multimedia adalah sebagai penggunaan beberapa media yang
digabungkan untuk menyampaikan informasi atau juga perpaduan yang harmonis
antar berbagai media teks, gambar, audio, animasi secara sinergis untuk
membantu mencapai tujuan berbagai kegiatan. Istilah multimedia asalanya berawal
dari teater bukan computer yaitu pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari suatu
medium dan seringkali disebut pertunjukan multimedia. Menurut Hofstetter
(2001): multimedia dalam konteks computer adalah pemanfaatan computer untuk
membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video dengan menggunakan tool
yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Hubungan
multimedia dengan bidang pembelajaran adalah bahwa media dalam pembelajaran
memiliki fungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas pesan yang disampaikan
guru terhadap siswanya yang bisa dilakukan dengan media persentasi dan
multimedia interaktif. Proses pembelajaran dapat menerapkan multimedia sebagai
alat dalam pencapaian tujuan. Salah satu alasan kenapa mutu pendidikan di
Indonesia rendah dikarenakan motivasi belajar siswa yang rendah karena pada
saat proses pembelajaran guru kurang menerapkan pembelajaran yang interaktif.
Media pembelajaran berarti sarana komunikasi untuk menyampaikan materi
pembelajaran dan ketika media ini dipergunakan oleh para guru maka akan
tercipta pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Tiga hal trend
pemanfaatan untuk media diantaranya; terintegrasi, konfergensi dan interaktif.
Secara
umum dampak positif dari multimedia membuka potensi besar dalam perubahan cara
belajar, cara memperoleh informasi dan sebagainya. Dengan perkembangan
multimedia ini juga membuka peluang bagi para pendididik untuk mengembangkan
sistem pembelajaran supaya menghasilkan hasil yang optimal. Pengaruh Multimedia
sangat besar dan berkembang pesat hanya dalam beberapa tahun, khususnya
Internet, dan juga Televisi. Tidak hanya sampai di daerah saja bahkan sampai ke
seluruh pelosok-pelosok dunia. Internet sangat bermanfaat bagi orang-orang yang
bisa menggunakannya dengan benar misalnya para pebisnis yang sengaja
memanfaatkan Internet sebagai sarana untuk memberikan informasi kepada dunia
khususnya para pengguna Internet, Mahasiswa yang memanfaatkan Internet untuk
media belajar ataupun sharing . namun ada pula dampak negatifnya.. Daya
tarik berbagai teknologi multimedia saat ini mengakibatkan jarangnya interaksi
dangan bahan bacaan karena mereka terlalu asik dengan berbagai alat multimedia
yang bisa mengurangi intensitas membaca buku
Multimedia bagi profesi
Dampak Positif dalam bidang profesi
guru atau tenaga pendidik
1)
Multimedia
membuat edukasi menjadi lebih menarik atau edutainment
2)
Multimedia
mempermudah pekerjaan namun tidak mengurangi kualitas dari pembelajaran
3)
Dengan
multimedia pembelajaran menjadi lebih menarik
Dampak Negatif dalam
bidang profesi guru atau tenaga pendidik
1. Malas
2. Curang
3. Keterampilan Menulis Menurun
4. Kurangnya focus
5.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan Etika dalam Teknologi Informasi
Jawab:
Pengertian Etika
Etika atau bisa juga disebut etik, berasal dari kata Yunani
yaitu ETHOS yang berarti norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan
ukuran-ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik. Jadi etika adalah ilmu yang
membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahamai
oleh pikiran manusia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, etika adalah ilmu
tentang apa yang baik dan apa yang buruk serta tentang hak dan kewajiban moral
(akhlak). Etika dalam perkembangannya sangat mempengaruhi kehidupan manusia.
Etika memberi manusia orientasi bagaimana menjalani kehipan melalui rangkaian
tindakan sehari – hari, etika dapat diterapkan dalam segala aspek atau segi
kehidupan. Menurut para ahli etika tidak lain adalah aturan perilaku, adat
kebiasaan manusia dalam pergaulan diantara sesamanya dan menegaskan mana yang
baik dan buruk.
Macam – macam Etika
Terdapat 2 (dua) macam etika :
1.
Etika Deskriptif Adalah etika yang menelaah secara kritis dan
rasional tentang sikap dan perilaku manusia, serta apa yang dikejar oleh setiap
orang dalam hidupnya sebagai suatu yang bernilai. Etika Deskriptif berbicara
mengenai fakta secara apa adanya, yakni mengenai nilai dan perilaku manusia
sebagai suatu fakta yang terkait dengan realiatas yang membudaya serta
dikaitkan dengan kondisi tertentu yang memungkinkan manusia dapat bertindak
secara etis. Etika Deskriptif juga merupakan sebagai dasar untuk
mengambil keputusan tentang perilaku atau sikap yang mau diambil.
2.
Etika Normatif Adalah etika yang menetapkan berbagai sikap
dan perilaku yang ideal dan seharusnya dimiliki oleh manusia atau apa yang
seharusnya dijalankan oleh manusia dan tindakan apa yang bernilai dalam hidup
ini. Jadi Etika Normatif merupakan norma- norma yang dapat menuntun agar
manusia bertindak secara baik dan menghindarkan hal – hal yang buruk, sesuai
dengan kaidah atau norma yang disepakati dan berlaku di masyarakat.
Etika Dalam Dunia Informasi Teknologi
Etika dalam Sistem
Informasi Seperti yang kita ketahui perkembangan dunia IT berlangsung sangat
cepat. Dengan pekembangan tersebut diharapkan akan dapat mempertahankan dan
meningkatkan taraf hidup manusia. Banyak hal yang menggiurkan manusia untuk
dapat sukses dalam bidang it tetapi tidak cukup dengan mengandalkan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi, manusia juga harus menghayati secara mendalam kode
etik ilmu, teknologi dan kehidupan. Banyak ahli telah menemukan bahwa teknologi
mengambil alih fungsi mental manusia, pada saat yang sama terjadi kerugian yang
diakibatkan oleh hilangnya fungsi tersebut dari kerja mental manusia. Perubahan
yang terjadi pada cara berfikir manusia sebagai akibat perkembangan teknologi
sedikit banyak berpengaruh terhadap pelaksanaan dan cara pandang manusia
terhadap etika dan norma dalam kehidupannya. Masalah etika juga mendapat
perhatian dalam pengembangan dan pemakaian sistem informasi. Masalah ini
diidentifikasi oleh Richard Mason pada tahun 1986 (Zwass, 1998) yang mencakup
privasi, akurasi, property, dan akses.
Dalam perkembangannya, informasi yang beredar di internet
tidak hanya berisi informasi yang benilai positif. Banyak diantaranya dilakukan
dengan sengaja dan dengan tujuan tertentu seperti mencari keuntungan atau
mencemarkan nama baik seseorang. Sebagai contoh, maraknya pornografi di dunia
maya. Sebagai salah satu media penyedia informasi yang paling atraktif,
internet kerap kali dijadikan media untuk mendistribusikan konten-konten
pornografi. Tidak hanya melalui situs-situs tertentu, tapi juga dapat dilakukan
melalui forum. Pengaksesan situs-situs ini oleh mereka yang belum cukup umur
dan tidak mengerti, dapat menyebabkan degradasi moral. Hal ini merupakan salah
satu contoh pentingnya etika dalam teknologi informasi. Etika merupakan
pegangan bagi seseorang untuk bertindak dan memahami baik buruk perbuatannya.
Sekarang, banyak orang yang tidak mengindahkan etika, terbukti dari kasus di atas.
Mereka yang menyediakan, berbagi, atau memberikan konten-konten pornigrafi ini
tidak memiliki etika dalam melakukan aktivitasnya.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) adalah salah satu sarana yang dapat memudahkan dalam pencarian informasi
serta memudahkan pula dalam berkomunikasi. Akan tetapi dalam penggunaannya
tetap harus memperhatikan beberapa etika, karena menggunakan TIK pada dasarnya
adalah kita berhubungan dengan orang lain dan berhubungan dengan orang lain membutuhkan
kode etik tertentu.
Berikut beberapa etika yang harus diperhatikan
dalam penggunaan TIK:
1. Menggunakan fasilitas TIK untuk melakukan hal yang
bermanfaat
2. Tidak memasuki sistem informasi orang lain secara
illegal.
3. Tidak memberikan user ID dan password kepada orang lain
untuk masuk ke dalam sebuah sistem. Tidak diperkenankan pula untuk menggunakan
user ID orang lain untuk masuk ke sebuah sistem.
4. Tidak mengganggu dan atau merusak sistem informasi orang
lain dengan cara apa pun.
5. Menggunakan alat pendukung TIK dengan bijaksana dan merawatnya dengan baik.
6. Tidak menggunakan TIK dalam melakukan perbuatan yang melanggar hukum dan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
5. Menggunakan alat pendukung TIK dengan bijaksana dan merawatnya dengan baik.
6. Tidak menggunakan TIK dalam melakukan perbuatan yang melanggar hukum dan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
7. Menjunjung tinggi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).
Misalnya, pencantuman url website yang menjadi referensi tulisan kita baik di
media cetak atau elektronik
8. Tetap bersikap sopan dan santun walaupun
tidak bertatap muka secara langsung
Referensi:
https://vartikel.com/6551/dampak-positif-dampak-negatif-teknologi-pada-pendidikan/
Gambar:
Komentar
Posting Komentar